Work From Home? Ini 5 Tips Kerja di Rumah Tetap Lancar dan Efektif



Pemerintah sudah mengimbau agar berbagai aktivitas sebaiknya dilakukan di rumah, mulai dari belajar, ibadah, dan termasuk bekerja. Hal ini dimaksudkan untuk menerapkan social distancing, atau jaga jarak antar manusia dan diharapkan dapat menekan penyebaran virus corona yang tengah merebak.
Kantor kita sudah berlakukan work from home? Eits, bukan berarti ini saatnya libur dan bersenang-senang, ya! Kita perlu tetap bertanggung jawab dengan pekerjaan kita walau kita tidak ke kantor. Berikut ini 5 tips agar kerja di rumah tetap lancar jaya dan efektif.

1.    Bekerja sesuai jam
Namanya di rumah, tentu tidak ada yang mengawasi pekerjaan kita. Tapi bukan berarti kita jadi bekerja sembarangan dan sesuka hati. Upayakan tetap bekerja pada jam kerja yang umum. Hindari menunda-nunda pekerjaan dan menumpuknya di malam hari. Ini tentu tidak efektif. Kita akan kelelahan kalau baru bekerja di malam hari. Berbeda dari bekerja di kantor dengan work from home adalah tempatnya saja. Jadi, kita tetap perlu disiplin dengan waktu walau kerja dari rumah. Jangan sampai waktu terbuang untuk hal-hal yang kurang penting dan tidak berhubungan dengan pekerjaanmu.

2.    Isi pulsa untuk komunikasi lancar
Komunikasi yang lancar tentu menjadi kebutuhan utama untuk kita yang bekerja work from home. Pastikan kita mudah menghubungi atasanmu atau rekan kerjamu terkait pekerjaan yang perlu diselesaikan. Apalagi jika kita punya banyak tim, dan pekerjaanmu berkaitan dengan banyak divisi lain. Jangan sampai komunikasi terhambat, ya! Bisa jadi kerjaan berakhir kurang optimal.

3.    Koneksi internet cepat dan stabil
Karena bekerja di rumah, tentunya kita perlu punya koneksi internet yang kencang, supaya kerjaan tetap lancar. Kalau memang kita tidak punya Wi-Fi di rumah, kita perlu menyiapkan modem atau paket data yang cukup untuk tethering atau berbagi koneksi dari smartphone kita ke laptop.

4.    Gunakan laptop yang baik
Laptop kita sering nge-hang? Kita perlu punya laptop dengan performa yang mumpuni agar bisa kerja di rumah dengan maksimal. Jangan sampai laptop yang loading-nya lama membuat pekerjaanmu juga jadi lambat selesai.

5.    Ciptakan suasana kerja yang kondusif
Musuh utama bekerja di rumah adalah sulitnya untuk fokus. Kadang kita jadi tergoda untuk melakukan hal lain. Untuk itu kita perlu menghindarkan diri dari distraksi. Usahakan bekerja di ruangan khusus, atau jika memang tidak ada, buatlah sendiri “area” kerjamu di rumah. Bisa di meja sudut kamar tidurmu, atau letakkan meja untuk kerja di dekat jendela ruang tamu. Supaya lebih kondusif lagi, kita bisa tetap gunakan pakaian kerja seperti biasa, agar suasana “kerja” tetap terbangun. Dengarkan musik yang memberikan semangat agar pekerjaan selesai dengan maksimal. Jangan lupa buat to do list yang perlu kita patuhi, agar jelas apa saja yang perlu diselesaikan pada hari tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya Kepemimpinan Demokratis

Optimisme dan Percaya Diri dalam Kepemimpinan (Optimism & Confidence in Leadership)

Cegah Penyakit dan Virus, Lakukan 3 Cara Berikut Ini!