Work From Home? Ini 5 Tips Kerja di Rumah Tetap Lancar dan Efektif
Pemerintah
sudah mengimbau agar berbagai aktivitas sebaiknya dilakukan di rumah, mulai
dari belajar, ibadah, dan termasuk bekerja. Hal ini dimaksudkan untuk
menerapkan social distancing, atau jaga jarak antar manusia dan diharapkan
dapat menekan penyebaran virus corona yang tengah merebak.
Kantor
kita sudah berlakukan work from home? Eits, bukan berarti ini saatnya libur dan
bersenang-senang, ya! Kita perlu tetap bertanggung jawab dengan pekerjaan kita
walau kita tidak ke kantor. Berikut ini 5 tips agar kerja di rumah tetap lancar
jaya dan efektif.
1.
Bekerja sesuai jam
Namanya di rumah,
tentu tidak ada yang mengawasi pekerjaan kita. Tapi bukan berarti kita jadi
bekerja sembarangan dan sesuka hati. Upayakan tetap bekerja pada jam kerja yang
umum. Hindari menunda-nunda pekerjaan dan menumpuknya di malam hari. Ini tentu
tidak efektif. Kita akan kelelahan kalau baru bekerja di malam hari. Berbeda
dari bekerja di kantor dengan work from home adalah tempatnya saja. Jadi, kita
tetap perlu disiplin dengan waktu walau kerja dari rumah. Jangan sampai waktu
terbuang untuk hal-hal yang kurang penting dan tidak berhubungan dengan
pekerjaanmu.
2.
Isi pulsa untuk komunikasi lancar
Komunikasi yang lancar tentu menjadi
kebutuhan utama untuk kita yang bekerja work from home. Pastikan kita mudah
menghubungi atasanmu atau rekan kerjamu terkait pekerjaan yang perlu
diselesaikan. Apalagi jika kita punya banyak tim, dan pekerjaanmu berkaitan
dengan banyak divisi lain. Jangan sampai komunikasi terhambat, ya! Bisa jadi
kerjaan berakhir kurang optimal.
3.
Koneksi internet cepat dan stabil
Karena bekerja di
rumah, tentunya kita perlu punya koneksi internet yang kencang, supaya kerjaan
tetap lancar. Kalau memang kita tidak punya Wi-Fi di rumah, kita perlu
menyiapkan modem atau paket data yang cukup untuk tethering atau berbagi
koneksi dari smartphone kita ke laptop.
4.
Gunakan laptop yang baik
Laptop kita sering nge-hang? Kita perlu
punya laptop dengan performa yang mumpuni agar bisa kerja di rumah dengan
maksimal. Jangan sampai laptop yang loading-nya lama membuat pekerjaanmu juga
jadi lambat selesai.
5.
Ciptakan suasana kerja yang kondusif
Musuh utama bekerja di rumah adalah
sulitnya untuk fokus. Kadang kita jadi tergoda untuk melakukan hal lain. Untuk
itu kita perlu menghindarkan diri dari distraksi. Usahakan bekerja di ruangan
khusus, atau jika memang tidak ada, buatlah sendiri “area” kerjamu di rumah.
Bisa di meja sudut kamar tidurmu, atau letakkan meja untuk kerja di dekat
jendela ruang tamu. Supaya lebih kondusif lagi, kita bisa tetap gunakan pakaian
kerja seperti biasa, agar suasana “kerja” tetap terbangun. Dengarkan musik yang
memberikan semangat agar pekerjaan selesai dengan maksimal. Jangan lupa buat to
do list yang perlu kita patuhi, agar jelas apa saja yang perlu diselesaikan
pada hari tersebut.
Komentar
Posting Komentar