3 Cara Membangun Budaya Remote Yang Kuat



1.    Membuat Ruangan “pendingin air”
Kantor mengenal istilah “pendingin air”, yaitu tempat dimana orang berbicara tentang kehidupan pribadi mereka. Tempat untuk mereka “menembak omong kosong” dan membangun hubungan dengan anggota tim lainnya. Jika kita ingin tim jarak jauh memiliki kesamaan persahabatan, sebaiknya menyediakan pendingin air untuk tim juga. Contohnya seperti membuat grup percakapan di pesan singkat semacan WhatsApp group.


2.    Lakukan Pertemuan Berkala
Kita semua berbicara satu sama lain, di videocall, setiap hari. Ini mungkin tampak seperti buang-buang waktu atau gangguan bagi beberapa orang. Namun, itu sebenarnya membuat kita lebih produktif serta memperkuat ikatan antar karyawan dengan cara yang benar dan bermakna. Kita perlu untuk mengadakan rapat singkat, terstruktur, dan dapat membantu tim untuk memahami hal yang diharapkan satu sama lain dalam tim. Ini akan membantu kita menghemat lebih banyak waktu.


3.    Mempekerjakan Orang yang Kompeten
Seorang pekerja hebat belum tentu seorang pekerja jarak jauh yang hebat. Ada banyak orang yang sangat berbakat yang bekerja jauh lebih baik di lingkungan kantor. Kerja jarak jauh adalah keterampilan seperti yang lain, dan kadang-kadang seorang karyawan yang tidak dalam kondisi terbaiknya belum fokus untuk mengerjakan keterampilan itu.
Tapi kadang-kadang, itu hanya kasus temperamen atau preferensi. Dalam kasus ini, orang-orang itu lebih baik tidak bekerja dari jarak jauh. Banyak orang tidak membuat perbedaan antara pekerja yang baik dan pekerja jarak jauh yang baik, tetapi ini adalah yang penting, dan itu satu-satunya cara untuk menarik tim yang sukses didistribusikan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya Kepemimpinan Demokratis

Optimisme dan Percaya Diri dalam Kepemimpinan (Optimism & Confidence in Leadership)

Cegah Penyakit dan Virus, Lakukan 3 Cara Berikut Ini!