6 Tips Kerja Tim Tetap Efektif Saat WFH (Work From Home)

Tetap Efektif Saat WFH (Work From Home)
Tetap Efektif Saat WFH (Work From Home)

1.    Jangan Mengharapkan Jawaban Langsung
Saat kita bekerja di kantor, mudah untuk melihat ketika seseorang ada di meja mereka, atau jika mereka berada di ruang rapat untuk mengobrol dengan orang lain. Kita tidak memiliki kemewahan di lingkungan terpencil. Kita biasanya tidak tahu apa yang dilakukan rekan setim kita meskipun mereka aktif bekerja pada waktu tertentu. Jangan berharap jawaban segera jika kita mengirim pesan kepada seseorang. Walaupun sepertinya mereka aktif di Slack, mereka mungkin sedang sibuk dengan hal-hal lain saat ini. Mereka akan kembali kepada kita ketika mereka siap.

2.    Dapatkan Layar Kedua
Memiliki dua layar dapat membantu untuk menavigasi antara pekerjaan dengan tugas dan percakapan. Kita dapat membuat email tanpa mengacaukan desktop atau menavigasi antar aplikasi. Karena hal itu merupakan pemborosan waktu. Jika tidak ada layar ekstra, tidak masalah. Gunakan laptop atau komputer dengan smartphone yang kita miliki.

Gunakan Aplikasi Video Call Saat WFH
Gunakan Aplikasi Video Call Saat WFH
3.    Gunakan Banyak Emoji Percakapan
Manfaatkan emoji dengan bebas di aplikasi obrolan tim. Ketika orang tidak dapat melihat kita secara fisik, sulit untuk mengetahui apakah kita menerima pesan, sibuk, atau lainnya. Jadi, sedikit emoji yang dipakai saat percakapan, menandakan kita sedang sibuk, mengerjakan tugas lain, atau sedang keluar untuk makan siang.

4.    Tetap Dekat dengan Hewan Peliharaan
Jika rapat membuat kita frustasi, gosok perut hewan peliharaan bagi yang memilikinya. Dengan begitu, stress akan perlahan hilang.

Tetap Efektif Walaupun WFH
Tetap Efektif Walaupun WFH
5.    Waspadai Jadwal Tim
Saat bekerja dengan tim di berbagai zona waktu, awasi kapan hari-hari orang mulai dan berakhir kerja. Sehingga kita bisa memastikan jadwal untuk melakukan hal-hal yang diminta selama waktu yang nyaman bagi mereka, bukan hanya kita.

6.  Jaga Kebersihan Ruang Kerja
Lakukan yang terbaik untuk menjaga ruang kerja kita tetap rapi. Lakukan rutinitas merapikan ruang kerja di pagi hari. Ini akan membantu untuk menempatkan pikiran kita dengan tepat saat bekerja. Sehingga membuat kita terorganisir sebaik mungkin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya Kepemimpinan Demokratis

Optimisme dan Percaya Diri dalam Kepemimpinan (Optimism & Confidence in Leadership)

Cegah Penyakit dan Virus, Lakukan 3 Cara Berikut Ini!