Tips Mengatasi Stress dalam Menghadapi Virus Corona



Cara kita mengatasi stress dapat membantu memastikan bahwa kita mengambil tindakan yang bermanfaat dalam mengelola kesehatan mental kita. Berikut adalah cara untuk membantu kita mengurangi kecemasan seputar coronavirus.

1.    Baca berita dari sumber yang dapat dipercaya
Hindari sumber media yang membangun opini dan hal-hal yang tidak dapat dikontrol. Lebih baik membuka sumber berita yang memberikan informasi tentang cara melindungi diri sendiri.

2.    Membuat rencana aksi
Selalu ada beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk mengurangi risiko. Mungkin semudah mencuci tangan dengan baik dan membatasi perjalanan. Tetapi mengenali ini dapat mengingatkan kita untuk fokus pada hal-hal yang kita kendalikan. Pastikan langkah yang kita ambil adalah tindakan yang direkomendasikan oleh sumber yang memiliki reputasi baik.

3.    Tetapkan batas pada konsumsi media
Menyimak kisah-kisah media yang berbicara tentang seberapa cepat suatu penyakit menyebar, atau berapa banyak orang yang sakit, akan meningkatkan kecemasan kita. Batasi konsumsi media kita hingga jangka waktu tertentu atau sejumlah artikel. Meskipun sangat membantu untuk tetap mendapat informasi, penting juga kita tidak membiarkan diri kita dibombardir dengan berita yang memicu kecemasan sepanjang hari.

4.    Hindari hal yang mengganggu mentalitas
Ketahuilah bahwa banyak orang mengambil tindakan yang tidak membantu. Jangan ikut-ikutan hanya karena orang lain mengenakan topeng atau melakukan ritual pembersihan tertentu (kecuali hal-hal itu direkomendasikan oleh CDC). Kalau tidak, tindakan kita bisa terbukti tidak membantu atau mungkin bahkan merusak.

5.    Lakukan perawatan diri yang baik
Makan makanan yang seimbang, banyak tidur, dan melakukan kegiatan santai selalu menjadi kunci untuk membantu kita tetap sehat secara fisik dan psikologis selama masa stress. Perawatan diri yang baik juga membuat sistem kekebalan tubuh kita tetap kuat.

6.    Mencari bantuan professional
Jika kesehatan mental kita terkena dampak dari coronavirus, maka kita mungkin ingin mencari bantuan profesional. Seorang profesional kesehatan mental berlisensi dapat membantu kita mengelola ketakutan kita sambil juga memberdayakan kita untuk membuat keputusan terbaik untuk kita dan keluarga kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya Kepemimpinan Demokratis

Optimisme dan Percaya Diri dalam Kepemimpinan (Optimism & Confidence in Leadership)

Cegah Penyakit dan Virus, Lakukan 3 Cara Berikut Ini!