Sudah Benarkah Cara Mencuci Tangan Kita? Yuk Ikuti 6 Langkah Ini!



Saat sedang beraktivitas sehari-hari, tangan tentu banyak bersentuhan dengan sesuatu, baik orang lain maupun benda-benda. Nah, dari benda tersebut, bisa saja tangan terkena debu, kuman, dan bakteri yang ujungnya bisa jadi berbagai virus, termasuk corona yang sedang ramai. Nah, agar terhindar dari terjangkit corona dan virus lainnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyarankan semua orang melakukan cuci tangan secara teratur sebagai antisipasi paling dasar untuk membunuh segala kuman, bakteri, maupun virus. Meski kesannya mudah, namun nyatanya tak sedikit orang yang masih belum mencuci tangannya dengan baik dan benar.

1.  Basahi tangan terlebih dahulu, lalu gosokkan sabun pada telapak tangan dan gosok kedua telapak tangan secara menyeluruh dengan cara memutar.
2.  Usap dan gosok punggung tangan dengan sabun agar bersihnya bisa merata.
3.  Gosok sela-sela jari tangan agar kuman, bakteri, ataupun virus yang menempel di sela-sela jari bisa hilang
4. Bersihkan ujung jari tangan dengan cara posisi saling mengunci. Jadi, seluruh jari bisa tercuci secara bersih dan merata.
5. Gosokkan dan putar ibu jari secara perlahan dan menyeluruh hingga bersih. Bagian ini cukup penting karena jempol sendiri adalah salah satu jari yang paling sering kita gunakan terutama ketika sedang mengetik di smartphone.
6.  Letakkan ujung jari ke telapak tangan dan bilas dengan air bersih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya Kepemimpinan Demokratis

Optimisme dan Percaya Diri dalam Kepemimpinan (Optimism & Confidence in Leadership)

Cegah Penyakit dan Virus, Lakukan 3 Cara Berikut Ini!