Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan “Work From Home” (WFH)



Beralih kerja dengan pengaturan sepenuhnya jarak jauh adalah perubahan yang besar. Tidak apa-apa untuk merasa buruk. Karena ada beberapa orang yang lebih suka bekerja secara langsung akan merasakan perbedaan.
Beralih ke jarak jauh mungkin membuat kita merasa terganggu, cemas, tertekan, bahkan merasa sendirian sepanjang hari. Ada banyak ketidakpastian dan perubahan yang mendadak dalam hidup ketika hal ini terjadi. Cara mudah untuk menghilangkan perasaan stress dan gelisah adalah dengan melepaskan diri dari kehidupan kantor dan terhubung kembali dengan dunia yang lebih luas di luar sana. Contohnya dengan melakukan percakapan online melalui voice call atau videocall. Bisa juga dengan menonton film online atau bermain game agar tidak merasa bosan dan stress.

1.    Kurangi bermain media sosial
Bekerja dari rumah bukan berarti kita lepas dari tanggung jawab pekerjaan. Terkadang hal ini dapat mengalihkan perhatian kita dengan bermain media sosial. Sehingga kita merasa sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaan yang ada di depan. Jadi, keluarlah dari bermain media sosial di siang hari atau ketika sedang melakukan pekerjaan. Jika merasa bosan, lakukan peregangan tubuh atau mendengarkan music untuk lebih rileks.

2.    Tingkatkan pengaturan audio dan video
Melakukan kontak dengan orang lain sebenarnya sangat diperlukan. Namun, mengingat keadaan yang mengharuskan mengurangi kontak sosial langsung, maka perlu dipikirkan cara lain agar tetap bisa berkomunikasi. Salah satunya yaitu dengan melakukan komunikasi daring (online) melalui suara dan video.
Pengaturan audio dan video yang tepat artinya memiliki pencahayaan yang cukup terang dan tidak banyak suara bising. Usahakan wajah dan badan untuk berada di tengah layar laptop maupun smartphone. Orang lain perlu bisa melihat mata dan mulut kita. Jika area kerja kita gelap, arahkan lampu meja ke dinding belakang kita untuk memantulkan cahaya ke wajah.

3.    Istirahat ketika bekerja
Beritahu kepada tim bahwa kita telah menyelesaikan pekerjaan. Lakukan beberapa aktivitas fisik untuk meregangkan otot-otot yg kaku selama bekerja. Istirahat sejenak seperti makan camilan atau tidur sebentar untuk menenangkan pikiran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya Kepemimpinan Demokratis

Optimisme dan Percaya Diri dalam Kepemimpinan (Optimism & Confidence in Leadership)

Cegah Penyakit dan Virus, Lakukan 3 Cara Berikut Ini!