Cegah Penyakit dan Virus, Lakukan 3 Cara Berikut Ini!



Pencegahaan paling penting yang bisa kita lakukan adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Alaminya, setiap manusia punya kekebalan tubuh yang membantu melindungi kita dari penyakit setiap harinya. Hanya saja, ada saatnya daya tahan tubuh kita bisa menurun karena berbagai sebab. Saat kekebalan tubuh kita menurun, kita akan rentan terkena penyakit.

1.    Kontrol tingkat stress
Pada saat-saat seperti ini, tidak hanya kesehatan fisik yang perlu dijaga, tapi juga kesehatan mental. Jangan sampai kita terlalu panik, cemas, dan khawatir berlebihan. Virus corona memang tidak bisa disepelekan, dan kita semua wajib waspada. Tapi jangan sampai kecemasan yang tinggi membuat kita jadi stress. Tidak hanya karena virus ini saja, kita perlu menjaga agar jangan sampai stress tinggi karena hal apa pun. Penting sekali untuk menjaga pikiran dan mental sehat agar fisik juga semakin kuat menangkal virus.

2.    Istirahat dan tidur yang cukup
Bagi kita yang masih suka begadang, belajar dan bekerja sampai larut malam, yuk, mulai biasakan istirahat yang cukup. Usahakan tidur 6-8 jam agar tubuh bisa benar-benar beristirahat. Karena saat istirahat, ketegangan seharian dapat mereda, otot-otot yang lelah kembali bugar. Saat bangun, organ-organ tubuh dapat berfungsi dengan optimal kembali. Agar tidak mudah lemas dan kelelahan, upayakan selalu istirahat sekali pun kita sedang berkegiatan. Pahami betul alarm tubuhmu sendiri. Tidur yang berkualitas dan nyenyak dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga jauh dari virus.

3.    Jangan menyentuh wajah dengan tangan
Virus dapat masuk melalui mulut, mata dan hidung. Jika memang dirasa tidak perlu, tidak usah menyentuh bagian wajahmu dengan tangan. Kalau pun memang ingin menyentuhnya, kita perlu cuci tangan terlebih dahulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya Kepemimpinan Demokratis

Optimisme dan Percaya Diri dalam Kepemimpinan (Optimism & Confidence in Leadership)