Fundamental Leadership Skill (Dasar Kepemimpinan)

Public Training Millennial Leadership Jakarta
Public Training Millennial Leadership Jakarta


Pemimpin (Leader) di berbagai organisasi mengalami tantangan yang berbeda di tiap tingkatnya. Seorang pemimpin awalnya bertindak sebagai kontributor individual, kemudian menjadi manajer, hingga akhirnya menjadi eksekutif senior. Keterampilan dalam kepemimpinan menjadi hal yang dibutuhkan oleh para pemimpin di seluruh organisasi dan perusahaan, baik itu dari peran, industry, maupun lokasi. Keterampilan kepemimpinan (leadership skills) meningkat seiring berjalannya waktu dan tantangan yang dihadapi. Berikut ini Fundamental Leadership Skill yang dibutuhkan para pemimpin.

Fundamental Leadership Skill
Fundamental Leadership Skill


1. Kesadaran Diri
Memahami kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Kesadaran diri merupakan salah satu keterampilan kepemimpinan (Leadership Skills) yang penting untuk efektivitas bekerja dalam jangka panjang sebagai seorang pemimpin.

Memahami Kesadaran Diri untuk Meningkatkan Kemampuan Leadership
Memahami Kesadaran Diri untuk Meningkatkan Kemampuan Leadership



2. Komunikasi
    Kita semua perlu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, terutama dalam karir. Pemimpin (Leader) mampu untuk mengomunikasikan informasi dan gagasan secara konsisten dan benar. Mampu menulis dan berbicara dengan jelas, serta mau mendengarkan merupakan bagian dari komunikasi. Contohnya seperti ketika berdiskusi, menyampaikan visi strategis, serta membangun kepercayaan. Komunikasi juga merupakan keterampilan dan kompetensi kepemimpinan seperti membangun dan memperbaiki hubungan para karyawan serta partisipatif dalam melakukan manajemen perusahaaan.

Memiliki Kemampuan Komunikasi untuk Leadership Skill
Memiliki Kemampuan Komunikasi untuk Leadership Skill

3. Mempengaruhi
 Mengembangkan keterampilan kepemimpinan dapat memengaruhi untuk membantu mengomunikasikan visi atau tujuan agar selaras dengan orang lain, sehingga bisa membangun dan meningkatkan komitmen dalam mencapai hasil yang diinginkan. Kemampuan mempengaruhi orang dapat sangat bervariasi dari berbagai tingkatan dalam organisasi maupun perusahaan. Keterampilan mempengaruhi dari seorang pemimpin dapat memberikan pengaruh yang sangat besar dalam mengarahkan tujuan, inspirasi, dan motivasi kerja untuk para stakeholder di perusahaan.

Skill Leadership butuh Kemampuan untuk Mempengaruhi
Skill Leadership butuh Kemampuan untuk Mempengaruhi

4. Ketangkasan Belajar

Seorang pemimpin butuh untuk mampu terus belajar untuk menghargai dan mencari pelajaran dari pengalaman. Seorang pemimpin diharapkan menjadi pembelajar yang aktif. Sehingga mampu untuk mengembangkan dan mengaplikasikan hasil pembelajaran dalam menerima tanggung jawab pekerjaan. Learning Agility atau ketangkasan belajar mencakup belajar dari kesalahan, mengajukan pertanyaan yang berwawasan luas, dan bersikap terbuka terhadap pendapat orang lain. Hal ini juga termasuk ketika mempelajari keterampilan baru dengan cepat, memanfaat peluang untuk belajar, merespon baik terhadap situasi baru. Bagi beberapa pemimpin senior, ketangkasan belajar juga tentang menginspirasi pembelajaran pada orang lain dan menciptakan budaya belajar di perusahaan. Mengembangkan ketangkasan belajar (learning agility) adalah bagian dari memperkuat Leadership Skill yang dapat dimiliki oleh pemimpin. Jika pemimpin dapat mengidentifikasi kelemahan dalam perjalanan kepemimpinannya, maka ia memiliki potensi untuk belajar, tumbuh, dan berubah.

Ketangkasan Belajar untuk Kemampuan Leadership
Ketangkasan Belajar untuk Kemampuan Leadership



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya Kepemimpinan Demokratis

Optimisme dan Percaya Diri dalam Kepemimpinan (Optimism & Confidence in Leadership)

Cegah Penyakit dan Virus, Lakukan 3 Cara Berikut Ini!