5 Tips Praktis Menjadi Pemimpin di Era Industri 4.0



Bagaimana kita menggambarkan kualitas seorang pemimpin? Sebuah riset menunjukkan, kualitas pemimpin seperti ketegasan, kemampuan beradaptasi, kecerdasan, dan kesadaran disebut sebagai yang paling penting. Pemimpin yang transformasional merupakan pemimpin yang positif, memberdayakan, dan menginspirasi, serta mampu untuk menghargai timnya dan menginspirasi mereka untuk menjadi lebih baik. Jadi, apa hal praktis yang bisa dilakukan untuk punya kualitas kepemimpinan yang berharga dan efektif di era industry 4.0 saat ini?

 Pemimpin di Era Industri 4.0
Pemimpin di Era Industri 4.0
1.       Mulai dengan Memahami Gaya Kepemimpinan Kita Sendiri
Memahami gaya kepemimpinan kita sendiri saat ini sangatlah penting. Apa kekuatan yang dimiliki? Apa saja yang perlu diperbaiki? Salah satu cara untuk menilai keterampilan kita adalah dengan melihat gaya kepemimpinan melalui beberapa metode profiling. Kuis atau pertanyaan tentang gaya kepemimpinan bisa dikerjakan melalui beberapa situs web atau buku tentang gaya kepemimpinan. Paling tidak kita bisa mendapatkan gambaran umum tentang bagaimana cara kita memimpin.
Setelah menyelesaikan kuis, baca tentang karakteristik utama gaya kepemimpinan yang paling dominan bagi diri kita. Apakah kualitas-kualitas ini membantu atau menghalangi kepemimpinan kita? Setelah menentukan area mana saja yang perlu dikerjakan, maka kita dapat mulai mencari cara untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan kita tersebut.

Memahami Gaya Kepemimpinan Diri Sendiri
Memahami Gaya Kepemimpinan Diri Sendiri

2.       Mendorong Kreativitas
Stimulasi intelektual merupakan salah satu kualitas kepemimpinan yang termasuk dalam kepemimpinan transformasional. Tim kita perlu didorong untuk bisa mengekspresikan kreativitas mereka. Para pemimpin yang efektif perlu menawarkan tantangan baru dengan dukungan yang cukup untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
Salah satu cara untuk menumbuhkan kreativitas adalah dengan menawarkan tantangan kepada anggota tim. Memastikan bahwa tujuan berada dalam jangkauan kemampuan mereka. Tujuan dari jenis latihan ini adalah untuk membuat orang melampaui batas mereka. Namum tidak menjadi putus asa oleh hambatan untuk sukses.

Mendorong Kreativitas
Mendorong Kreativitas
3.       Menjadi Role-model
Pengaruh yang ideal adalah salah satu dari empat komponen utama kepemimpinan transformasional. Pemimpin transformasional mencontohkan perilaku dan karakteristik yang mereka dorong dalam tim mereka, sehingga anggota tim mengagumi para pemimpin ini dan bekerja untuk dengan meniru perilaku tersebut.
Penelitian menunjukkan bahwa para pemimpin mampu menumbuhkan kepercayaan tertentu dan kemudian mengirimkan inspirasi itu kepada pengikut mereka. Akibatnya, pengikut optimis dan memiliki standar tinggi untuk kinerja dan pencapaian. Jika kita ingin menjadi pemimpin yang lebih baik, lakukan dan tunjukkan kualitas yang ingin kita lihat di anggota tim kita tersebut.

Menjadi Role Model
Menjadi Role Model

4.       Punya Semangat yang Besar
Akankah kita mencari seseorang untuk dipandang dan memimpin jika mereka tidak benar-benar peduli dengan tujuan tim? Para pemimpin yang hebat tidak hanya fokus untuk membuat anggota timnya menyelesaikan tugas; mereka memiliki semangat dan antusiasme yang tulus terhadap proyek yang mereka kerjakan.
Kita dapat mengembangkan kualitas kepemimpinan ini dengan memikirkan berbagai cara yang dapat digunakan untuk mengekspresikan semangat kita. Biarkan orang tahu bahwa kita peduli dengan kemajuan mereka. Ketika satu orang berbagi sesuatu dengan anggota kelompok lainnya, pastikan untuk memberi tahu mereka betapa kita menghargai kontribusi tersebut.

Punya Semangat yang Besar
Punya Semangat yang Besar


5.       Dengarkan dan Berkomunikasi Secara Efektif
Pemimpin yang baik perlu mengungkapkan perhatian dan kepedulian yang tulus kepada anggota tim mereka, baik secara verbal maupun nonverbal. Dengan menjaga jalur komunikasi tetap terbuka, para pemimpin ini dapat memastikan bahwa anggota tim merasa mampu memberikan kontribusi dan menerima pengakuan atas pencapaian mereka.
Kualitas penting lain dari kepemimpinan transformasional melibatkan fokus pada penyediaan komunikasi satu lawan satu dengan anggota kelompok. Kepemimpinan transformasional efektif ketika para pemimpin dapat mengkomunikasikan visi mereka kepada anggota timnya, yang kemudian merasa terinspirasi dan termotivasi oleh visi ini.

Dengar dan Komunikasi Efektif
Dengar dan Komunikasi Efektif





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya Kepemimpinan Demokratis

Optimisme dan Percaya Diri dalam Kepemimpinan (Optimism & Confidence in Leadership)

Cegah Penyakit dan Virus, Lakukan 3 Cara Berikut Ini!