5 Ciri Transformational Leader


Transformasional leader biasanya digambarkan sebagai orang yang antusias, bersemangat, tulus dan energetik. Para pemimpin ini tidak hanya peduli tentang membantu timnya dalam mencapai tujuan. Transformasional leader juga peduli untuk membantu setiap anggota kelompok mencapai potensi penuhnya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk bagaimana menjadi Transformasional leader dalam kehidupan sehari-hari.

Memiliki sikap positif
Transformasional leader memiliki sikap optimis, optimis yang berfungsi sebagai sumber inspirasi bagi timnya. Jika para pemimpin tampak putus asa atau apatis, anggota tim kemungkinan besar juga menjadi tidak bersemangat. Bahkan ketika segala sesuatu tampak suram dan tim kita mulai merasa berkecil hati, cari cara untuk bisa tetap positif. Hal ini berarti kita berusaha mempertahankan rasa optimisme dan harapan dalam menghadapi tantangan.

Dorong tim untuk berkontribusi
Biarkan anggota tim tahu bahwa kita mau mendengarkan ide-ide mereka. Pemimpin yang mau mendorong keterlibatan dari anggota timnya seringkali disebut sebagai pemimpin yang demokratis atau partisipatif. Sementara para pemimpin yang akan mengambil keputusan akhir dari semua keputusan, mereka mendorong anggota tim untuk mengambil peran aktif dalam memunculkan ide dan rencana. Hasil salah satu riset menunjukkan bahwa menggunakan gaya kepemimpinan yang demokratis mengarah pada komitmen yang lebih besar, pemecahan masalah yang lebih kreatif dan peningkatan produktivitas.

Memotivasi tim
Transformasional leader juga memberikan motivasi inspirasional untuk mendorong tim mereka untuk bertindak. Tentu saja, menjadi transformasional leader tidak selalu mudah. Untungnya, kita tidak perlu pidato motivasi untuk bisa membangkitkan semangat anggota tim kita. Beberapa ide untuk inspirasi kepemimpinan termasuk yang tentang ide baru atau tujuan bersama, bisa membantu tim merasa dilibatkan dalam proses, adanya pengakuan, pujian, dan penghargaan untuk prestasi mereka.

Memberikan pengakuan dan reward
Kualitas penting lain dari seorang pemimpin yang baik adalah mengetahui bahwa menawarkan pengakuan dan penghargaan yang efektif adalah salah satu cara terbaik untuk membantu anggota tim merasa dihargai dan bahagia. Mungkin juga tidak mengejutkan bahwa orang-orang yang bahagia cenderung berkinerja lebih baik di tempat kerja.

Terus mencoba hal baru
Apakah sebuah kepemimpinan merupakan hubungan satu arah? Ketika kita berupaya mengembangkan beberapa kualitas kepemimpinan, ingat untuk melihat umpan balik dan inspirasi dari tim kita. Perhatikan hal-hal yang memang efektif di masa lalu, dan selalu waspada terhadap cara-cara baru untuk menginspirasi, memotivasi dan menghargai anggota tim.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya Kepemimpinan Demokratis

Optimisme dan Percaya Diri dalam Kepemimpinan (Optimism & Confidence in Leadership)

Cegah Penyakit dan Virus, Lakukan 3 Cara Berikut Ini!