Leadership vs Followership



Leadership vs Followership
Leadership vs Followership
Banyak pertanyaan tentang Leadership vs Followership, mana diantara keduanya yang lebih penting? Menentukan kemajuan sebuah organisasi atau perusahaan? Leadership dan followership itu seperti dua sisi mata uang yang berjalan beriringan. Leadership merupakan panduan untuk seorang pemimpin tim atau organisasi, sedangkan followership merupakan panduan untuk anggota tim atau organisasi.
Kegagalan atau kesuksesan dalam sebuah organisasi, ditentukan oleh dua aspek tersebut secara imbang dan dinamis. Tak hanya semata-mata hanya dilihat dari kurang efektifnya aspek kepemimpinan, namun juga bisa disebabkan karena peran bawahan yang kurang optimal.
Tidak mungkin ada sebuah gaya kepemimpinan yang cocok dalam segala kondisi, karena gaya kepemimpinan yang efektif tentu saja menyesuaikan beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut adalah visi dan misi organisasi, budaya organisasi, serta karakter bawahan yang dipimpinnya.

Gaya Kepemimpinan Efektif
Gaya Kepemimpinan Efektif
Ketika seorang pemimpin memaksakan sebuah pendekatan yang dipercaya olehnya, tetapi dengan mengabaikan situasi maupun konteks yang secara signifikan berpengaruh, maka disini peran seorang pemimpin (leader) menjadi kurang efektif, atau bahkan bisa menjadi kontra produktif terhadap tujuan organisasi.
Seorang pemimpin diperlukan untuk mau dan bisa memberikan contoh tentang perilaku pengikut yang aktif dalam berkontribusi terhadap organisasi, kritis namun solutif, serta mandiri dan handal dalam bertindak.
Follower dengan perilaku seperti ini akan menjadi motor dalam organisasi untuk berkembang menjadi organisasi yang produktif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya Kepemimpinan Demokratis

Optimisme dan Percaya Diri dalam Kepemimpinan (Optimism & Confidence in Leadership)

Cegah Penyakit dan Virus, Lakukan 3 Cara Berikut Ini!