5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri


5 Cara Meningkatkan Percaya Diri


1. Lakukan satu hal yang membuat kamu takut setiap hari

"Jika Anda tidak aman, coba tebak? Seluruh dunia juga. Jangan melebih-lebihkan kompetisi dan meremehkan diri sendiri. Anda lebih baik daripada yang Anda pikirkan." 
- T. Harv Eker
Cara terbaik untuk mengatasi rasa takut adalah menghadapinya secara langsung. Dengan melakukan sesuatu yang membuat Anda takut setiap hari dan mendapatkan kepercayaan dari setiap pengalaman, Anda akan melihat kepercayaan diri Anda melambung. Jadi, keluarlah dari zona nyaman Anda dan hadapi ketakutan Anda!


2. Ambil 100 hari tantangan penolakan

"Tidak ada yang bisa membuatmu merasa rendah diri tanpa persetujuanmu." 
- Eleanor Roosevelt
Jia Jiang telah menjadi terkenal karena merekam pengalamannya dari "penghilang rasa takut" dengan sengaja membuat permintaan orang gila untuk ditolak selama 100 hari. Tujuannya adalah untuk menurunkan rasa sensitif dirinya terhadap penolakan setelah dia menjadi lebih kesal daripada yang dia harapkan atas penolakan dari seorang investor potensial. Mengatasi rasa takut tidak mudah dilakukan, tetapi jika Anda ingin bersenang-senang sambil membangun kepercayaan diri Anda, ini adalah cara yang ampuh untuk melakukannya.



3. Membatasi Diri Sendiri

Belajarlah untuk mengatakan tidak. Ajari orang lain untuk menghormati batasan pribadi Anda. Jika perlu, ambil kelas tentang bagaimana menjadi lebih tegas dan belajar untuk meminta apa yang Anda inginkan. Semakin banyak kendali dan mengatakan bahwa Anda memiliki atas hidup Anda sendiri, semakin besar pula kepercayaan diri Anda.


4. Beralih ke Mentalitas Kesetaraan

Orang-orang dengan kepercayaan diri rendah melihat orang lain lebih baik atau lebih pantas daripada diri mereka sendiri. Alih-alih membawa persepsi ini, anggap diri Anda setara dengan semua orang. Mereka tidak lebih baik atau lebih pantas daripada Anda. Buat perubahan mental ke mentalitas kesetaraan dan Anda secara otomatis akan melihat peningkatan dalam kepercayaan diri Anda.



5. Menanyakan Diri Sendiri

Beberapa komentar terberat yang kita dapatkan berasal dari diri kita sendiri, melalui "suara kritik batin." Jika Anda berjuang dengan kepercayaan diri yang rendah, ada kemungkinan bahwa kritik batin Anda menjadi terlalu aktif dan tidak akurat.

Strategi seperti terapi perilaku kognitif membantu Anda mempertanyakan kritik batin Anda dan mencari bukti untuk mendukung atau menyangkal hal-hal yang dikatakan oleh kritik batin Anda kepada Anda. Misalnya, jika Anda berpikir bahwa Anda gagal, tanyakan pada diri sendiri, "Bukti apa yang ada untuk mendukung pemikiran bahwa saya gagal?" Dan "Bukti apa yang ada yang tidak mendukung pemikiran bahwa saya gagal?”

Temukan peluang untuk memberi selamat, memuji, dan menghargai diri sendiri, bahkan untuk keberhasilan terkecil. Seperti yang dikatakan Mark Twain, "Manusia tidak dapat merasa nyaman tanpa persetujuannya sendiri."



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gaya Kepemimpinan Demokratis

Optimisme dan Percaya Diri dalam Kepemimpinan (Optimism & Confidence in Leadership)

Cegah Penyakit dan Virus, Lakukan 3 Cara Berikut Ini!